News

Harmonisasi Musik Jazz dan alam bersama Maliq & D’Essentials di Jazz Gunung 2017

Setelah sukses diadakan di tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016 maka di tahun 2017 Jazz Gunung akan kembali digelar. Jazz Gunung 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Agustus 2017 di Panggung Terbuka Jiwa Jawa Resort Bromo Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.  

Jazz Gunung merupakan pertunjukan musik bertaraf internasional yang menampilkan harmonisasi antara musik jazz dan etnik. Jazz Gunung diadakan setiap tahun dengan konsep paling unik dalam pertunjukan musik jazz yang pernah ada di Indonesia bahkan di dunia karena diadakan di daerah pegunungan pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, panggung terbuka, beratapkan langit, dan berlatar pemandangan alam Gunung Bromo. 

Jazz Gunung Bromo menawarkan suasana magis perpaduan alam yang indah, musik yang bergelora dan kehangatan interaksi antara musisi dan penonton yang membuat Jazz Gunung Bromo selalu ditunggu dan dipadati penikmat musik setiap tahunnya.

Alam Bromo dan Pegunungan Tengger dengan segenap warga dan tradisi di sekitarnya menjadi spirit utama yang menaungi pemusik dan pengunjung. Angin, udara sejuk, hawa segar, aroma rumput, embun, awan, langit biru, satwa, dan tentu saja Gunung Bromo, menjadi bagian tak terpisahkan dari presentasi seniman. Mereka menjadi bagian dari musik itu sendiri dan alam menjadi orkestra indah. Ini merupakan totalitas jazz dan alam.

Dan kali ini salah satu yang menjadi wishlist performer di Jazz Gunung 2017 adalah Maliq & D’Essentials. Maliq & D’Essentials pertama kali dibentuk pada 15 Mei 2002 dengan berisikan 9 personel, Kata Maliq itu sendiri merupakan sebuah konsep dan kependekan dari Music And Live Instrument Quality yang pertama kali digagas oleh Angga dan Widi yang juga merangkap sebagai produser, komposer, arranger dan song writer. Lalu istilah D’Essentials awalnya adalah sebagai pendukung dari konsep tersebut yang mengacu kepada personel-personel yang lain.

Hampir semua lagu yang dibawakan Maliq pun tidak ada unsur galau, pendengar musik mereka lebih diarahkan untuk selalu positif dan menginspirasi. Maliq & D’Essentials adalah grup musik yang tidak hanya mengusung genre Jazz, melainkan perpaduan antara berbagai macam genre musik seperti, soul, funk, rock, blues. Penggemarnya pun sekarang juga tidak hanya di Jakarta namun sudah menyebar di berbagai daerah dan kota di Indonesia.

Kini setelah hampir 10 tahun lebih berdiri, mereka semakin kompak meski hanya menyisakan 6 personel yang terdiri dari Angga Puradiredja (Vokal), Indah (Vokal), Ilman (Keyboard & Piano), Jawa (Bass), Lale (Gitar) dan Widi (Drum).

Di sepanjang kariernya, Maliq & D Essentials sudah mengeluarkan 6 album, berjudul 1st, Free Your Mind, Mata Hati Telinga, The Beginning Of A Beautiful Life, Sriwedari dan Musik Pop.

Di Pagelaran Jazz Gunung ini Pengunjung tidak saja mendapat pengalaman auditif dari musik, akan tetapi lebih jauh mereka mengenal secara lebih intens alam Bromo. Memori auditif dan pengalaman visual itu diharapkan menjadi penyadaran untuk mencintai alam, memelihara dan menjaga Bromo. Pada gilirannya langkah-langkah itu akan mengundang lebih banyak orang untuk datang ke Bromo dan kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Jadi buruan segera pesan TIKET dan AKOMODASI Jazz Gunung 2017 di http://tiket.jazzgunung.com/

Sampai jumpa di Jazz Gunung 2017 !

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS